Rabu, 29 September 2010

Inilah Lembah Kering di Antartika

Lembah Kering McMurdo adalah lokasi yang relatif tanpa es terbesar di Antartika. Lembah Kering McMurdo juga memiliki berbagai fenomena geologi yang menarik seperti Danau VIda, dan Sungai Onyx, sungai terpanjang di Antartika. Tempat ini juga merupakan salah satu dari gurun pasir paling ekstrim di dunia.

Dinamakan Lembah Kering karena kelembaban daerahnya yang sangat rendah dan kurangnya salju maupun lapisan es. Kondisi unik di Lembah Kering ini disebabkan oleh angin katabatic ( dari kata Yunani yang berarti 'turun'). Ini terjadi saat udara yang padat dan dingin tertarik menuruni bukit oleh gaya gravitasi. Anginnya dapat mencapai kecepatan 320 km/jam (200 mil/jam) menguapkan semua kelembaban - air, es, dan salju - pada saat prosesnya.

Bakteri Endolithic photosynthetic telah ditemukan hidup di Lembah Kering, terlindungi dari udara kering, di dalam interior batuan yang relatif lembab. Air dari gletser yang meleleh pada saat musim panas menyediakan nutrisi untuk tanah sekitar. Ilmuwan mempertimbangkan Lembah Kering mungkin memiliki lingkungan yang paling mirip dengan Mars, dan dapat menjadi sumber penting untuk penelitian kehidupan luar angkasa.

Bakteri yang tidak menghirup oksigen ini, hidup berdasarkan zat besi dan sulfur, serta hidup di bawah temperatur beku - di bawah Gletser Taylor, menodai es yang meleleh di Air Terjun Darah.

Sebagian dari Lembah Kering dinyatakan sebagai area kawasan lindung pada tahun 2004.

Berikut foto-foto lembah kering di antartika:









Tidak ada komentar:

Posting Komentar